Sunday, June 7, 2015

Kecanduan Tekhnologi Ini Cara Mengatasinya

Kecanduan Smartphone
             Rasanya sulit untuk menemukan orang yang tidak menggunakan smartphone entah itu dari satu merek tertentu atau tablet di era saat ini. Semua menjadi ‘penggila’ gadget bahkan sampai ada yang rela berburu produk terbaru karena ada perubahan fitur atau fasilitas didalamnya. Mulai dari anak anak hingga orang tua sekalipun sangat membutuhkan perangkat mobile bahkan harus ada dalam kegiatan mereka. Sepertinya, tanpa smartphone dalam setiap aktifitasnya maka hidupnya terasa kosong.

Sayangnya, kecanduan akan teknologi yang satu ini justru banyak menimbulkan hal yang berdampak buruk. Mungkin Anda pernah melihat sebuah video yang memberitahukan bahwa sebuah gadget bisa menjauhkan sahabat hingga anggota keluarga karena sibuk dengan aktifitas menulis status atau sekedar melihat cerita lucu.
Adapun tahapan orang yang candu gadget bervariasi tergantung dari porsi atau waktu yang kerap ia gunakan untuk memanfaatkan fasilitas yang ada. Bagi mereka yang memiliki tingkat kecanduan akut biasanya disebut Nomophobia dan cenderung cukup memprihatinkan dibandingkan yang lainnya. Tapi, bukan berarti kondisi ini tidak bisa diperbaik karena saat ini sudah ada ‘obat’ yang secara perlahan bisa menguranginya.
Ada sebuah perangkat mobile yang disebut noPhone yang bila dilihat dari spesifikasinya mampu membuat seseorang tidak perlu merasa khawatir jika tak bersentuhan dengan gadget. Bentuknya sangat mirip dengan perangkat mobile seperti ukuran dan desainnya. Terbuat dari bahan plastik tapi tidak mengurangi fungsinya. Tujuannya hanya satu, agar manusia bisa kembali beraktifitas sedia kala dan lebih banyak berinteraksi langsung dengan sesamanya tanpa harus menggunakan perangkat atau fitur mobile.
noPhone ini juga tak memerlukan teknologi canggih layaknya smartphone, sudah lulus uji dari segala benturan atau gesekan. Begitu juga tahan akan air hingga kedalaman kurang lebih 1 km dan uniknya, tidak membutuhkan baterai yang harus diisi berulang. Intinya, si pengguna tak perlu takut dengan sisi keamanan karena terbuat dari bahan yang tidak mudah koyak atau patah.
Banyak masyarakat yang sangat terbantu dengan alat ini dan secara perlahan sudah bisa mengurangi ketergantungan mereka dengan gadget yang dimiliki. Tidur menjadi nyenyak karena tak perlu terbangun disebabkan notifikasi atau panggilan mendadak saat malam hari.




(sumber:kabardigital.com)

0 comments:

Post a Comment